Sabtu, 23 September 2017

PERKEMBANGAN SOSIAL, KOMUNIKASI, DAN KOGNITIF MILESTONE SAMPAI USIA 1 TAHUN

Ayah bunda, bisa melakukan observasi untuk melihat apakah ananda mengalami keterlambatan dalam komunikasi dan sosial atau tidak . Bagan dbawah ini bisa membantu ayah bunda melakukan deteksi dini sekaligus memberi stimulasi atau rangsangan kepada putra putrinya.

Jika ditemukan masalah dalam perkembangannya , maka secepat mungkin datang ke profesional untuk mendapatkan diagnosis yang tepat akan masalah yang dialami ananda. Jangan sekali -kali melakukan terapi tanpa mengetahui apa yang sebenarnya, sehingga upaya terapi atau penanganan dapat dilaksanakan bila sudah ada diagnosis yang mendekati ketepatan.

Diagnosis bisa saja berubah berdasarkan pengamatan awal yang ditetapkan oleh Profesional dibidangnya namun tidak akan jauh dari pola perkembangan anak. jadi tidak akan bermasalah dalam perkembangannya. Kegunaan diagnosis yang tidak kalah penting adalah menentukan prognosis atau tingkat keparahan gejala atau masalah yang dialami ananda kedepannya sehingga orangtua punya perencanaan yang tepat apa yang akan dilakukan terhadap putra/putrinya.

Jadi pastikan ananda ditangani oleh Tim yang tepat. Jangan sampai ananda menjadi korban akan janji -janji palsu yang tidak ada dasar ilmiahnya.

PERKEMBANGAN SOSIAL, KOMUNIKASI, DAN KOGNITIF MILESTONE SAMPAI USIA 1 TAHUN
Usia (Minggu)
Sosial Afektif
Komunikatif
Kognitif
0-4
Melihat wajah caregiver
Membuat suara kecil, suara parau
Merespon terhadap suara
4-8
Tersenyum
Mengoceh spontan
Berekspresi terhadap suara
8-12
Mengenali ibunya
Satu huruf vokal
Melirik sesuatu yang ada di tangan
12-16
Tersenyum saat melihat wajah di cermin
Cekikikan (chukles)
Merespon terhadap hal yang membuat gembira
16-20
Menyadari suatu keadaan yang baru
Tertawa
Memasukan mainan/benda ke dalam mulut
20-24
Memperlihatkan perasaan tidak senang apabila kehilangan mainan
Bersuara spontan
Tertarik dengan benda yang dilihat
24-28
Dapat berinteraksi
Mengikuti music atau lagu
Membanting benda
28-32
Memperlihatkan ekspresi cemas bila bertemu orang asing
Dapat mengucapkan beberapa suku kata
Shakes rattle
32-36
Mengikuti gerakan orang dewasa
Mengeluarkan kata tanpa arti “da”, “ba”
Bermain dengan dua mainan secara bersamaan
36-40
Waves bye-bye
 Mengucapkan kata “dada”, “mama” (tidak speifik)
Mencari barang yang tertup sesuatu
40-44
Berhenti melakukan sesuatu apabila diperintah
Mengucapkan kata “dada”, “mama” (speifik)
Menggambungkan beberapa mainan
44-48
Bermainan di depan cermin
Mengucapkan satu kata selain “mama” dan “dada”
Bisa memilih mainan yang di sukai
48-52
Mulai bermain bersama orang dewasa
Mengucapkan dua kata selain “mama” dan “dada”
Menggunakan krayon

Sumber : Volkmar R.F, Martin A. Essentials of Lewis’s Child and Adolescent Psychiatry. Lippincot Williams and Wilkins. Philladelpia. 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar