Jumat, 16 Juni 2017

MENGENAL MINDFULLNESS

MENGENAL METODE MINDFULLNESS
                Remaja saat ini dipengaruhi oleh lingkungan sosial, budaya luar dan teknologi. Masa remaja adalah masa badai dimana penaruh lingkungan dominan. Kebutuhan remaja saat ini sebenarnya lebih kepada ketahanan mental dan perkembangan kognitif. Untuk menumbuhkan ketahanan mental perlu adanya pelatihan keterampilan sosial dan keterampian belajar. TALENTA CENTER mengembangkan suatu metode untuk mencapai mindfullness yang diperuntungkan bagi anak dan remaja. Keterampilan ini dapat dilatih dalam bentuk pembelajaran dikelas atau individu secara intensif.
          Mindfullness adalah pikiran sadar yang bertumpu pada mekanisme ilmiah, logika, rasionalitas dan analisa. Jadi bisa dikatakan mindfullness bukanlah mengosongkan pikiran, tetapi memfokuskan pada diri sendiri dan panca indera.
          Metode mindfullnes terbagi menjadi 2 bagian. Bagian yang pertama terdapat pada metode satu sampai empat. Pada bagian pertama ini, metode lebih menekankan pada pengelolaan emosi. Bagian yang kedua, lebih ditekankan pada pembentukkan kognitif untuk mengubah perespsi dan pola pikir.
Mindfullness  atau mengenal diri secara penuh atau utuh memiliki manfaat yang luar biasa bila diterapkan sejak dini. Tujuan serta manfaat dari mengenal diri sendiri anatara lain :
a.     Membuat anak lebih peka dari sebelumnya
b.     Mampu mengkomuunkasikan pikiran dan pengalaman yang kurang nyaman
c.      Mampu memisahkan anatara pikiran danperasaan
d.     Meningkatkan kesadaraan diri
e.      Tidak mudah reaktif ketika menghadapi masalah
f.   Dan lebih tenang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar