ANAK
USIA 3-12 BULAN
1.
MEMBANGUN KEDEKATAN
Menggendong
dan memeluk anak, ajak anak berbicara, bersenandung dapat berupa lagu anak, shalawat
(bagi yang muslim) atau puji-pujian bagi
anak.
Tujuannya : Membangun Ikatan antara anak
dengan ibu atau pengasuh utama.
2.
BERMAIN SAAT
MANDI
- Pada
saat memandikan anak, ibu atau pengasuh utama sebaiknya berbicara pada anak
setiap tindakan yang dilakukannya. Misalnya pada saat membasahi tubuh bayi katakan
”nak...tubuhmu di basahi ya..” atau “di sabuni kakinya..”
- Berikan
kesempatan pada anak untuk bermain air. Baringkan anak sejenak dalam bak mandi
anak.
- Pada
saat anak di keringkan dengan handuk, ibu atau pengasuh utama dapat menyebutkan
setiap bagian anggota tubuh yang sedang di lap.
- Pada
saat ibu atau pengasuh utama memakaikan pakaian pada anak, ibu atau pengasuh
utama dapat memperkenalkan konsep kiri dan kanan “masukkan tangan kananmu ya
nak..”
- Sesekali
gosokkan sisir dengan lembut pada lengan
anak.
Tujuannya:
-
Membangun ikatan lebih dekat dengan anak.
-
Memberikan pengalaman pada anak tentang basah
dan kering, hangat dan dingin, serta licin dan kesat.
-
Memperkenalkan konsep atas dan bawah, kiri dan
kanan, serta depan dan belakang.
-
Mengenal bagian tubuh
3. BERMAIN CILUKBA
-
Baringkan anak
dan ajaklah bermain ci luk ba dan sesekali gelitiklah anak.
Tujuannya :
Memperkenalkan pada anak bahwa benda jika tidak terlihat akan selalu ada
4.
MENGENAL ASAL
SUARA
- Alat
yang digunakan marakas dari botol air kemasan yang diisi oleh kerikil, beras, dan
biji-bijian. Bunyikan maraks tersebut di sekitar anak. Lakukan kegiatantersebut
hingga anka menoleh pada arah asal suara datang
- Ibu
atau pengasuh utama dapat memanfaatkan bahan lain yang mengeluarkan bunyi
misalnya dari plastik kantong kresek, jentikan jari, tepukan, kerincingan, atau
berbagi benda yang dapat mengeluarkan bunyi-bunyian
- Rangsanglah
anak untuk menggapai benda tersebut.
Tujuannya : Melatih
anak mencari arah datangnya suara
5.
MELIHAT BENDA YANG
BERGERAK
- Ayunkanlah
benda berwarna cerah dihadapan anak dengan perlahan dari kanan ke kiri dan arah
sebaliknya.
- Rangsang
anak untuk menggapai benda tersebut.
- Ibu
atau pengasuh utama dapat membuat gambar wajah dari karton kardus bekas yang bersih
dan gambarlah wajah sederhana yang terdiri dari mata hidung dan mulut.
Tujuannya :
Melatih penglihatan anak
6.
MENENDANG-NENDANG
- Gantuglah
beberapa benda dengan seutas tali, misalnya kerincingan, kertas, kaos kaki
anak, rangkaian jepitan jemuran, roncean sendok plastik, roncean kancing, dsb.
- Baringkan
kemudian rangsang kaki anak untuk menggapai benda tersebut dengan menepu-nepuk
bagian telapak kaki anak.
Tujuannya : Melatih
kekuatan otot dan gerak kaki anak
7.
DUDUK YUK
- Baringkan
bayi, kemudian letakkan jari pada telapak tangan anak, biarkan anak menggenggam
jari, kemudian tarik perlahan-lahan. Lakukan secara berulang-ulang hingga bayi
mau mengangkat badannya sendiri.Jangan paksakan jika anak belum mau mengangkat
dirinya sendiri.
- Jika
anak sudah bisa duduk.Sandarkan anak pada diri anda,kemudian lakukan gerakan
senam,misalnya pegang kedua lengan anak
kemudian lakukan gerakan menyilang,akan lebih menyenangkan jika sambil
diperdengarkan lagu anak-anak.
Tujuannya : Melatih
anak untuk duduk,Jika anak terlihat siap untuk duduk.
8.
MENGENAL MAKANAN BARU
- Jika
ingin memberikan makanan tambahan atau memperkenalkan makanan baru pada
anak,sebaiknya makanan tidak dicampur
aduk.
- Perkenalkan
makanan satu persatu tanpa perasa tambahan seperti garam dan gula.
- Tekstur
makanan (lembek kerasnya makanan) disesuaikan dengan kebutuhan usia anak.
Tujuannya : Memperkenalkan
rasa makanan baru
9.
MERANGKAK DAN
MERAYAP
- Jika anak sudah muai merangkak dan merayap,letakkanlah beberapa benda dihadapan
anak.
- Ibu
atau pengasuh utama dan anak merangkak bersama bermain kejar-kejaran.
- Jika
memungkinkan sediakan bantal dengan berbagai ukuran sehingga anak dapat
memanjat bantal-bantal tersebut.
- Letakan
kardus besar yang sudah di bersihkan,buka kedua sisinya seperti terowongan,ajak
anak untuk melintasi terowongan kardus tersebut.
Tujuannya : Melatih
gerak koordinasi tangan, kaki, dan mata
10. MERAMBAT
- Dekatkan
anak pada dinding,kursi atau meja yang stabil/ajeg. Berikan kesempatan anak
untuk meraih dinding, kursi atau meja.
- Kemudian
rangsang anak untuk merambat sepanjang tembok, kursi atau meja tersebut.
- Pastikan
tidak ada benda apapun diatas meja dan pilihlah kursi atau meja yang tidak
memiliki sudut yang tajam.
Tujuannya : Melatih
kemampuan anak untuk berdiri sendiri dan berjalan.
ANAK
USIA 12-18 BULAN
1.
MENYEBUTKAN NAMA
Meminta satu persatu anak untuk mengangkat
tangan sambil menyebutkan nama
Tujuannya :
Melatih anak mengembangkan motorik kasr dan kognitif
2. MENDORONG-DORONG
- Sediakan
kursi kecil/sepeda roda tiga/meja kecil/benda lainnya yang dapat didorong oleh
anak.
- Minta
anak untuk memegang salah satu sisinya dan mendorong benda tersebut.
- Pastikan
benda yang dipilih untuk di dorong anak,cukup kuat untuk menopang tubuh
anak.
- Pastikan
tempat bermain anak tidak
berundak-undak.
- Minta
anak untuk mendorong –dorong benda tersebut.
Tujuannya : Mengembangkan kemampuan koordinasi motorik
kasar.
3. MENGGENGGAM
- Sediakan
benda yang dapat digenggam oleh anak dan aman jika dimasukkan oleh anak kedalam
mulut.
- Dapat
juga menyediakan makanan seperti biskuit,sayuran rebus seperti wortel yang
dipotong 1cm x 1cm x 5cm, buncis atau buah yang dipotong dengan ukuran 1cm x 1cm
x 5cm. Berikan kesempatan pada anak menggenggam dan makan sendiri makanan
tersebut.
Tujuannya:
Mengembangkan koordinasi motorik halus anak.
4. MENGELUARKAN SAMPAI KOSONG
Sediakan wadah seperti
keranjang/nampan/baskom.Lalu isi wadah tersebut dengan menggunakan berbagai
benda mislanya tutup botol air mineral,pakaian anak,dsb.
Tujuannya : Mengembangkan
koordinasi motorik halus menggenggam dan memindahkan benda.
5. MENGELUARKAN DAN MEMASUKKAN
- Sediakan
wadah seperti
keranjang/nampan/baskm.lalu isi wadah tersebut dengan menggunakan
berbagai benda misalnya tutup botol air mineral,pakaian anak,dsb.
- Letakkan
wadah yang sudah diisi dengan berbagai macam benda tersebut di hadapan
anak,biarkan anak bermain dengan benda tersebut.
Tujuannya :
Mengembangkan kemampuan motorik halus untuk menggenggam dan memindahkan benda
mengeluarkan dan memasukan kembali.
6. MENGACAK-ACAK
- Buatlah
adonan dari tepung,air, dan pewarna makanan (bisa juga menggunakan pewarna
alami seperti perasn daun pandan, rebusan air bunga rosela). Campur bahan
tersebut hingga membuat adonan yang agak cair. Masukan kedalam mangku atau
piring.
- Sediakan
kertas bekas kalender (belakang kalender).
- Minta
anak untuk mencelupkan tangannya pada adona tersebut,kemudian anak mencapkan
pada kertas bekas kalender tersebut.
- Minta
anak untuk mengulanginya sendiri.
- Sediakan
tempat air untuk anak mencuci tangan.
- Pastikan
anak membawa pakaian ganti.
Tujuannya :
Melatih sensorik dan motorik halus
7. MEMANJAT TANGGA
- Carilah tangga yang berundak-undak.
- Berikan kesempatan pada anak untuk menaiki
tangga
- Ibu atau pengasuh utama sebaiknya berada dekat
dengan anak
Tujuannya :
Mengembangkan koordinasi motorik kasar
8. MENARI-NARI
Nyanyikan lagu anak, lalu ajaklah anak untuk
menari.
Tujuannya :
-
Mengembangkan kemampuan gerak motorik kasar.
-
Mengembankan kemampuan anak menghubungkan
irama dengan gerak tubuh.
ANAK USIA 18-24 BULAN
1.
MEREMAS DAN
MEROBEK
- Sediakan
kertas bekas bersih dengan berbagai ketebalan,daun kering dengan berbagai macam
ukuran dan tekstur.
- Biarkan
anak untuk meremas dan merobek kertas.
Tujuannya :
Melatih kelenturan tangan dan jari anak
2.
MENGENAL ANGGOTA TUBUH
Meminta anak untuk menyebutkan bagian tubuh
seperti mata, hidung, mulut, telinga, tangan , kaki.
Tujuannya:
Melatih anak mengembangkan panca indera.
3.
BERMAIN PERAN
- Sediakan
berbagai macam barang yang seperti dimiliki orang dewasa,seperti dimiliki orang dewasa,seperti tas wanita,sepatu pria dan wanita dewasa, asesoris, dsb.
- Tatalah
barang-barang tersebut dengan rapi.
- Kemudian
ajaklah anak bercakap-cakap tentang kebiasaan ayah dan ibunya.
- Ajak
anak untuk mencoba beberapa barang tersebut,lalu berikan kesempatan pada anak
untuk bermain dengan menggunakan peralatan tersebut.
Tujuannya:
Mengembangkan kemampuan anak untuk mengenal orangtuanya.
4. BERNYANYI
- Perkenalkan
lagu anak dari daerah setempat.ajaklah anak untuk bernyanyi bersama.
- Berikan kesempatan bagi anak untuk tampil dan
bernyanyi.
Tujuannya :
Mengembangkan kemampuan anak untuk mengekspresikan diri melalui lagu.
5.PAKAI BAJU SENDIRI
- Sediakan
berbagai pakaian bekas ukuran anak.
- Biarkan
anak bermain dengan pakaian tersebut.
- Biasakanlah
anak untuk memakai pakaiannya sendiri setelah dari kamar mandi.
Tujuannya:
- Mengembangkan kemampuan untuk menoong diri
sendiri.
- Melatihketelitian dan keluwesan jari anak.
6. MAKAN DAN MINUM SENDIRI
- Ajak
anak untuk mencuci tangan sebelum makan.
- Lakukan
bersama anak untuk selalu berdo’a sebelum dan sesudah makan
- Berikan
kesempatan pada anak untuk makan dan minum sendiri.
- Lakukan
kegiatan makan bersama teman sebaya
- Ajak
anak untuk merapikan kembali peralatan makan yang telah digunakan.
Tujuannya:
- Mengembangkan kemampuan anak untuk menolong
diri sendiri.
- Melatih jari-jari anak untuk memegang
makanan
7. MENGENALKAN DAN MELATIH UNTUK BAB & BAK
DITEMPATNYA
- Ajarkan
anak untuk mengenal rasa ingin buang air kecil dan buang air besar.
- Ajarkan
anak untuk mengungkapkan keinginannya untuk BAK dan BAB
Tujuannya:
Melatih anak untuk merasakan keinginan untuk Buang Air Kecil (BAK) dan Buang
Air Besar (BAB).
8. BERMAIN TARIK-DORONG
- Sediakan benda yang dapat di tarik maupun di
dorong oleh anak, misalnya dingklik, kursi, meja, kardus besar, dan keranjang.
- Berikan
kesempatan pada anak untuk mencoba untuk menarik dan mendorong benda tersebut.
Tujuannya : Mengembangkan
kekuatan dan gerak.
9. MELATIH BUKA TUTUP
- Sediakan
toples plastik bekas lengkap dengan tutupnya,botol air mineral bekas lengkap
dengan tutupnya, kaleng kemasan makanan lengkap dengan tutup.
- Berikan
kesempatan pada anak untuk mencoba menutup dan membuka wadah tersebut.
Tujuannya:
-
Mengembangkan kemampuan jari jemari
-
Mengembangkan kemampuan berpikir sebab-akibat
10. BERMAIN BERSAMA
- Ajaklah
anak untuk bermain bersama teman sebayanya.
Tujuannya:
Mengembangkan kemampuan anak untuk mengenal anak lain diluar dirinya.
11. MEMBERSIHKAN DIRI SEBELUM TIDUR
- Berikan
contoh dan ajak anak untuk selalu membersihkan diri yaitu mencuci tangan dan
kaki sebelum tidur.
Tujuannya : Mengembangkan
sikap hidup bersih dan sehat.
12. MENCUCI TANGAN PAKAI SABUN
Tujuannya :
Membiasakan anak untuk mencuci tangan dengan baik dan bersih.
LANGKAH CTPS:
1. Basahi seluruh tangan dengan air bersih
mengalir
2. Gosok sabun ketelapak,punggung tangan dan
sela jari
3. Bersihkan bagian bawah kuku-kuku
4. Bilas tangan dengan air bersih mengalir
5. Keringkan tangan dengan handuk/tisu atau
keringkan dengan diangin-anginkan.
KEGIATAN
STIMULASI ANAK USIA 2-3 TAHUN
1. MAIN AIR, TANAH, DAN PASIR
- Sediakan
air dalam bak/baskom ,botol kosong, sendok dengan berbagai ukuran, gelas
plastik dengan berbagai ukuran.
- Ajak anak untuk memeasukanair kedalam
berbagai wadah yang telah disediakan.
- Sediakan
pasir atau tanah yang bersih,lengkapi dengan botol,tutup botol air mineral, sendok,
gelas plastik , ayakan/saringan dan wadah dari plastik.
- Bagi
dua pasir atau tanah,basahi satu bagian dengan air.Ajak anak untuk mau memegang
dan memainkan pasir/tanah tersebut.
- Minta anak untuk membuat bentuk dari
pasir/tanah tersebut.
Tujuannya:
- Mengembangkan
rasa ingin tahu.
- Mengembangkan
kemampuan motorik halus terutama kemampuan untuk menjumput.
- Merangsang
indera perabaan.
- Mengembangkan
pengetahuan anak tentang konsep basah-kering,halus-kasar.
2. Mencoret-coret
- Sediakan
berbagai macam alat tulis dan kertas bekas.Kemudian berikan kesempatan pada
anak untuk membuat corat-coret.
- Alat tulis dapat diganti dengan menggambar
diatas pasir atau tanah.
- Pada
saat anak selesai mencorat-coret ibu atau pengasuh utama sebaiknya bertanya
pada anak mengenai apa yang anak coba gambar. Ibu atau pengasuh utama
menuliskan cerita anak tentang gambar tersebut dikertas yang lain.
Tujuannya:
- Mengembangkan
kemampuan anak untuk mengungkapkan ide melalui coretan.
- Melatih
kekuatan jari.
3.BERMAIN PERAN
- Sediakan
berbagai macam barang-barang orang dewasa misalnya tas, sepatu, pakaian, dan
berbagai macam barang lainnya yang ada di rumah.
- Berikan
kesempatan anak untuk bermain dengan benda tersebut.
- Sesekali
pasangkan anak pada saat bermain
Tujuannya : Mengembangkan
kemampuan anak untuk mengenal orang lain diluar dirinya dan mengembangkan anak
untuk cerdas bergaul
4.BERNYANYI
- Mengembangkan kemampuan anak untuk
berekspresi melalui lagu.
Tujuannya:
- Ajarkan anak
beberapa lagu anak atau lagu daerah masing-masing.
- Berikan
kesempatan pada anak untuk menyanyikan lagu tersebut.
- Dapat juga
dibarengi engan gerak
5. MEMAKAI BAJU SENDIRI
- Berikan kesempatam pada anak untuk memakai
pakaian dan alas kaki sendiri
- Berikan bantuan jika diperlukan.
Tujuannya:
- Mengembangkan
kemampuan koordinasi tubuh
- Mengembangkan
kemampuan anak untuk mandiri.
6.MAKAN SENDIRI
- Mencucui tangan sebelum makan
- Berdo’a sebelum dan sesudah makan
- Berikan kesempatan pada anak untuk makan
sendiri
- Jika anak belum dapat makan dengan rapi,ajak
anak untuk membantu merapikan makanan yang
tercecer dan alat makan yang digunakan.
- Biasakan anak untuk meletakkan kembali alat
makan yang sudah digunakan
- Pada saat kegiatan makan bersama berlangsung
ibu atau pengasuh utama dpat memperkenalkan
rasa,bahan pembuat makanan,dan
tekstur makanan.
7. MENYISIR RAMBUT SENDIRI
- Berikan kesempatan pada anak untuk menyisir
rambut sendiri
- Sediakan cermin dan sisir,mintalah anak
untuk menyisir rambut didepan cermin.
Tujuannya : Mengembangkan
kemampuan anak untuk merawat diri sendiri.
8. BAB & BAK SENDIRI
- Ajaklah anank untuk dapat melepaskan pakaian
pada saat hendak BAK dan BAB.
- Ajaklah anak untuk menggunakan kamar mandi
sesuai dengan fungsinya.
- Ajaklah anak untuk membersihkan kotorannya
sendiri.
- Ajaklah anakuntuk membersihkan dirinya
sendiri.
- Ajaklah anak untuk mengenakan pakaiannya
sendiri.
- Berilah anjuran pada orangtua untuk
melanjutkan kegiatan ini dirumah
Tujuannya : Melatih
kemampuan anak untuk Buang Air Kecil (BAK) dan Buang Air Besar (BAB)
9.MELIHAT-LIHAT GAMBAR
- Sediakan berbagai macam gambar.
- Berikan kesempatan pada anak untuk mengamati
gambar,kemudian minta anak untuk menceritakan gambar yang sudah dilihatnya.
Tujuannya:
- Mengembangkan
kemampuan anak untuk peka terhadap gambar.
- Mengembangkan
kemampuan anak untuk membaca gambar.
10. MELEMPAR-MENANGKAP
- Sediakan
bola,gulungan kertas,gulungan kain yang sudah di bentuk seperti bola,atau kantung kain yang diisi dengan kacang
–kacangan.
- Ajak
anak untuk membuat lingkaran,kemudian ibu atau pengasuh utama berdiri
ditengah-tengah lingkaran.Lemparkan bola/gulungan/kantong tersebut pada anak.lalu minta anak untuk
melemparkan kembali ke arah anda.
Tujuannya : Mengembangkan
kemampuan anak untuk melempar dan menangkap benda.
11. MELOMPAT
- Ajaklah
anak berjalan-jalan disekitar lingkungan.Jika menemukan parit kecil ajak anak
untuk mnyeberanginya sambil melompat.
- Kegiatan
ini juga dapat dikembangkan dengan memadukan kegiatan,berjalan sambil berputar
diiringi lagu kemudian diselingi dengan gerakan melompat.
Tujuannya: Mengembangkan
kekuatan kaki anak.
KEGIATAN
STIMULASI ANAK USIA 3-4 TAHUN
1. BERMAIN TUMPUK-TUMPUK
- Sediakan berbagai kardus kotak bekas
makanan,sepatu,atau kemasan lainnya dengan berbagai ukuran.
- Minta anak untuk membuat bangunan dari kotak
tersebut.
Tujuannya: Mengembangkan
kemampuan anak untuk mengelompokkan dan mengurutkan benda.
2. SATU,DUA,TIGA,IKUT BERHITUNG!
- Ajaklah anak untuk ikut menghitung anak yang
hadir.
- Ajak anak untuk ikut menghitung langkah
- Kegiatan menghitung dapat dilakukan kapan
saja
Tujuannya : Mengembangkan
kemampuan anak untuk mengenal urutan bilangan secara lisan.
3. MAIN TANAH LIAT ATAU ADONAN
- Buatlah adonan dari tanah liat.
- Jika tidak ada tanah liat, dapat diganti
dengan adonan lainnya misalnya adonan kue.
- Kemudian minta anak untuk membuat berbagai
bentuk dari tanah liat atau adonan tersebut.
- Jika bermain dengan adonan, ibu atau
pengasuh utama dapat melanjutkan memanggang adonan tersebut, hasilnya dapat
dinikmati bersama anak.
Tujuannya: Mengembangkan
kemampuan gerak jari dan kekuatan tangan anak.
4.BERMAIN CORAT-CORET
- Sediakan berbagai macam alat tulis,kegiatan
ini juga dapat dilakukan diatas tanah atau pasir.
- Berikan kesempatan pada anak untuk membuat
coretan,kemudian mintalah anak untuk menceritakan coretan tersebut.
-Ibu atau pengasuh utama menuliskan cerita
anak pada kertas yang lain kemudian tempelkan dekat dengan hasil karya anak.
-Sesekali hasil karya anak dapat dipajang
didalam ruangan.
Tujuannya:
- Melatih
kelenturan dan kekuatan jari.
- Mengembangkan
kemampuan anak untuk mengungkapkan ide lewat coretan.
5.BERMAIN CAMPUR DAN ADUK
- Ajaklah anak untuk membuat minuman
sendiri,misalnya membuat sirup,teh manis,atau menyeduh susu sendiri.
Tujuannya:
Mengembangkan kekuatan jari anak.
6.BERMAIN DENGAN TEMAN SEBAYA
- Pasangkanlah anak pada saat bermain.
- Berikan kegiatan anak dalam kelompok, agar
terjadi komunikasi pada saat bermain.
Tujuannya:
- Mengembangkan
kemampuan anak untuk lebih mengenal teman dan orang lain disekitarnya.
7. INI SAMA...INI TIDAK SAMA
- Sediakan berbagai macam benda,minta anak
untuk mencari persamaan dan perbedaan dari benda tersebut.
Tujuannya: Mengembangkan
kemampuan anak untuk mencari perbedaan dan persamaan dari suatu benda.
8. MENGENALI BARANG MILIK SENDIRI
- Mintalah anak untuk selalu merapikan barang
milik sendiri
- Minta anak untuk mengenali barang milik
sendiri.
Tujuannya: Mengenali
barang milik sendiri.
9. MAIN BONEKA
- Sediakan boneka dengan berbagai macam bentuk
dan ukuran.
- Berikan kesempatan pada anak untuk bermain
dengan boneka
Tujuannya: Mengembangkan
kemampuan untuk mengenal diri sendiri dan orang lain atau makhluk hidup lain
disekitarnya.
10. MAIN KENDARAAN
- Sediakan berbagai macam benntuk kendaraan.
- Berikan kesempatan pada anak untuk bermain
dengan mainan tersebut.
Tujuannya: Mengembangkan
kemampuan mengenal benda sesuai dengan fungsinya.
KEGIATAN
STIMULASI ANAK USIA 4-5 TAHUN
1. MAIN RUMAH-RUMAHAN YUK
- Sediakan peralatan seperti di rumah
- Berikan kesempatan untuk bermain bersama
teman sebayanya
Tujuannya:
- Mengembangkan
kemampuan anak untuk mengenal peran setiap anggota keluarga.
- Mengembangkan
kemampuan anak untuk membuat urutan kejadian.
- Mengembangkan
kemampuan anak untuk saling mengenal dan bekerjasama dengan anak lain.
2. MENGGAMBAR
- Sediakan berbagai alat tulis dan warna
Tujuannya:
- Mengembangkan
kemampuan anak untuk mengekspresikan ide melalui gambar.
- Melatih
kemampuan koordinasi jari dan tangan,sebagai latihan menuju menulis.
3.BELAJAR BERHITUNG
- Sediakan 2 lembar kalender bekas,lalu potong
bagian angkanya,sehingga menjadi kartu angka.
- Anak juga dapat diminta untuk
mencocokan/mencari pasangan dari kartu angka tersebut.
- Minta anak untuk mengurutkan kartu angka
tersebut.
- Sediakan juga batu /tutup botol/daun
kering/benda lainnya.Minta anak untuk meletakkan benda di bawah kartu sesuai dengan jumlah
angka yang tertera pada kartu angka.
Tujuannya:
- Mengembangkan
kemampuan anak untuk berhitung
- Mengembangkan
kemampuan anak untuk mengenal konsep bilangan
4. MENGGUNTING DAN MENEMPEL
- Berikanlah kegiatan menggunting pada
anakdengan tahapan sebagi berikut:
-
Menggunting bebas dan acak
-
Menggunting diantara dua garis
-
Menggunting di garis
-
Menggunting zig-zag
-
Menggunting bentuk tertentu
Lakukanlah kegiatan tahap menggunting ini
secara berulang-ulang hingga anak mencapai tahap terakhir.
Mintalah anak untuk mengias dan menempel hasil
karyanya.
Awasi anak pada saat menggunakan gunting
Tujuannya :
- Melatih
kemampuan anak untuk mengendalikan gunting.
- Melatih anak
untuk menempel sesuai dengan letaknya.
- Mengembangkan
kemampuan seni pada anak
- Melatih
ketelitian anak.
5. MELIPAT BAJU SENDIRI
- Sediakan pakaian dengan beragam bentuk,jenis
dan ukuran.
- Ajak anak untuk bermain peran
mencuci,menyetrika dan melipat pakaian.
- Minta anak untuk mengelompokan pakain sesuai
dengan warna, jenis, dan ukuran.
- Sarankan pada orang tua untuk melanjutkan
kegiatan tersebut di rumah.
Tujuannya :
- Melatih
ketelitian dan ketelatenan anak.
- Melatih
kemampuan anak untuk membuat pengelompokan
6.MENYIMPAN BARANG DI TEMPATNYA
- Ibu atau pengasuh utama menyediakan tempat
sepatu,dan berikan tanda berupa gambar dan tulisan yang menunjukan tempat untuk
menyimpan sepatu.
- Ajak dan mintalah anak untuk meletakkan
sandal dan sepatu pada tempatnya.
Tujuannya: Melatih
anak untuk mandiri dan mengenal barang sendiri.
7. MENGENAL WARNA
- Sediakanlah pewarna alami atau dapat pewarna
sintesis.
- Campurkan dengan air.
- Sediakan berbagai wadah dan sendok.
- Ajak anak
untuk bermain tuang-tuang air sehingga anak mendapatkan warna baru dari
campuran warna.
- Kegiatan lain juga dapat berupa,melukis
dengan jari.
- Ibu atau pengasuh utama membuat adonan dari
tepung kanji yang dimasak hingga menyerupai lem(lebih cair)masukan pewarna
tersebut.Minta anak untuk membuat lukisan dengan menggunakan jarinya-jarinya.
- Diskusikan dengan anak tentang warna baru
yang didapatnya setelah mencampur warna
dasar tersebut.
Tujuannya:
- Mengembangkan
kemampuan anak untuk mengenal warna primer (merah,kuning,biru) dan warna
sekunder (ungu,hijau,jingga)
- Mengembangkan
kecerdasan logika
- Mengembangkan
kecerdasan naturalis
- Mengembangkan
kecerdasan visuospasial
KEGIATAN
STIMULASI ANAK USIA 5-6 TAHUN
1.LOMPAT TALI
- Sediakan tali untuk dilompati oleh anak
- Tali dapat dibuat dengan menggabungkan karet
gelang
- Minta anak untuk melompati tali
tersebut,ketinggian tali dapat disesuaikan.
Tujuannya:
- Mengembangkan
kemampuan melompat.
- Melatih
kekuatan kaki.
2.BELAJAR MANDIRI
- Berikanlah kesempatan pada anak untuk
mencoba dan melakukan aktivitasnya sendiri.
- Amati anak
- Berikan bantuan jika anak meminta bantuan.
Tujuannya: Mengembangkan
kemampuan anak untuk lebih mandiri.
3.BELAJAR BERHITUNG SAMPAI 20
- Sediakan 2 lembar kalender bekas,lalu ptong
bagian angkanya,sehingga menjadi kartu angka.
- Anak juga dapat diminta untuk
mencocokan/mencari pasangan dari kartu angka tersebut.
- Minta anak untuk mengurutkan kartu angka
tersebut.
- Sediakan juga batu/tutup botol/daun
kering/benda lainnya.Minta anak untuk meletakkan benda di bawah batu sesuai
dengan jumlah angka yang tertera pada kartu angka.
Tujuannya:
- Mengembangkan
kemampuan anak untuk menghitung sampai dengan 20.
- Mengembangkan
kemampuan anak untuk mengenal konsep bilangan.
- Mengembangkan
kemampuan anak untuk mengenal lambang bilangan.
4.MENGGAMBAR DAN MENULIS
- Sediakan berbagai macam alat tulis,krayon
atau pensil warna.
- Minta anak untuk membuat gambar bebas.
Minta anak untuk menuliskan namanya terlebih
dahulu.Jika anak belum bisa menuliskan namanya ibu atau pengasuh utama
disarankan untuk menuliskan nama anak di kertas yang lain,kemudian minta
anakuntuk menyalin namany di atas kertas yang akan digambarnya.
- Berikan kesempatan pada anak untuk
menceritakan gambarnya pada teman lainnya.
- Disarankan ibu atau pengasuh utama untuk
menuliskan cerita di dalam kertas yang berbeda, kemudian tempel bersama gambar
anak. Hal ini penting untuk dilakukan agar anak dapat memaknai gambar dengan
tuisan secara bersamaan.
5.MELIPAT KERTAS
- Contohkan pada anak untuk membuat satu
bentuk lipatan tertentu.
- Minta anak tertentu untukmembuat lipatan
yang sama pada kertas yang di pegang oleh anak. Melatih ketelitian paa anak.
Tujuannya:Melatih
kekuatan dan kendali pada jari.
6.MENCERITAKAN KEJADIAN
- Minta anak untuk menceritakan kegiatan
sehari-hari yang dilakukan di rumah.
- Minta anak lain untuk memberikan pendapat
terhadap cerita temannya.
Tujuannya : Melatih
keberanian anak untuk mengungkapkan ide melalui cerita pada temannya.
7. IKUT MEMASAK
- Rancanglah kegiatan memasak bersama
anak,misalnya membuat ketimus.
- Ibu atau pengasuh utama membuat resep berupa
gambar,kemudian tempellah di muka ruangan, kemudian bahas bersama anak tentang
resep dan proses membuat ketimus.
- Ajak anak untuk memarut singkong dan
kelapa,lakukan tanya jawab bersama anak tentang perubahan yang terjadi pada
singkong sebelum dan sesudah di parut.
- Ajak anak untuk mencampur singkong,kelapadan
gula merah didalam wadah.
- Minta anak untuk menempatkan adonan singkong
tersebut pada daun kelapa.
- Kemudian guru mengukus.
- Setelah matang bahas bersama anak perubahan
yang terjadi sebelum dan sesudah matang.
- Minta anak utuk menceriakan kembali proses
pembuatan ketimus tersebut.
Tujuannya : Mengembangkan
kemampuan anak untuk mengelompokkan, mengurutkan, dan mengenal sebab akibat.
8.MENGENAL LINGKUNGAN SEKITAR
- Diskusikan bersama anak,bahwa mereka akan
pergi ke kebun/taman dekat TPA.
- Sepakati bersama anak aturan yang boleh dan
tidak boleh dilakukan oleh anak
- Minta anak untuk mengamati ladang,kemudian
minta anak untuk membuat gambar benda apa saja yang anak temui di lingkungan
sekitar TPA.
- Diakhir kegiatan ibu atau pengasuh utama
dapat meminta anak untuk menceritakan kembali pengalamannya di kebun/taman
dekat TPA.
- Mengembangkan kesadaran anak terhadap
lingkunagn sekitar.
- Mengembangkan kesadaran untuk menjaga dan
melestarikan alam.
9. MENGENAL HURUF DAN KATA
- Kumpulkanlah kemasan yang memilki huruf yang
jelas.
- Guntinglah huruf tersebut,hingga menjadi
kartu kata dan kartu huruf.
- Minta anak untuk mencocokan kartu kata
dengan kartu huruf.
- Sediakan kertas kosong dan alat tulis.
- Minta anak untuk menuliskan di kertas kosong
kartu kata yang dan huruf yang ia temui
Tujuannya: Mengembangkan
kemampuan anak untuk mengenal simbol huruf
Sumber : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar